Ribuan Orang Mesir Protes Pembebasan Mubarak

Sedikitnya 2.000 orang berkumpul di Lapangan Tahrir, Kairo, untuk memprotes dibebaskannya Hosni Mubarak dari tuntutan pembunuhan, Sabtu 29 November 2014. Mantan presiden yang digulingkan dalam revolusi 2011 itu, sebelumnya divonis penjara seumur hidup.

Saat ini, Mubarak yang berusia 86 tahun, masih menjalani hukuman untuk penyalahgunaan dana publik. Tapi pada wawancara di televisi, yang dilansir oleh BBC, Mubarak mengatakan dirinya tidak berbuat kesalahan.

Beberapa pekan setelah aksi protes, yang berawal dari seruan di media sosial dan populer sebagai bagian dari “Arab Spring” atau arus perubahan di negara-negara Arab, Mubarak akhirnya mundur pada 11 Februari 2011.

Mubarak, mantan menteri dalam negeri Habib al-Adly, serta enam lainnya divonis seumur hidup pada Juni 2012, karena dianggap terlibat dalam konspirasi pembunuhan demonstran. Sekitar 800 orang disebut tewas, pada 2011.

Tapi pengadilan ulang yang digelar sejak akhir 2013, akhirnya memutuskan untuk mencabut tuduhan pembunuhan. Mubarak saat ini masih ditahan di rumah sakit militer, dan akan dibebaskan beberapa bulan mendatang, saat berakhirnya masa hukuman tiga tahun penjara.

Beberapa jam setelah putusan pengadilan, ribuan orang berkumpul di Lapangan Tahrir yang telah menjadi simbol revolusi. Beberapa jam kemudian pasukan keamanan langsung berusaha membubarkan protes, dengan menembakkan gas air mata.

BBC dalam laporannya, menulis bahwa terdengar tembakan dalam bentrok antara demonstran dan pasukan keamanan. Satu orang dilaporkan tewas, dan pasukan keamanan diyakini menggunakan peluru tajam untuk menghadapi pemrotes.

Pengacara Mubarak, Farid al-Deeb, memuji putusan pengadilan yang disebutnya membuktikan integritas Mubarak. Pada wawancara dengan televisi Sada al-Balad, Mubarak mengatakan telah bersandar pada Allah, selama menunggu putusan pengadilan ulang.

The Reds Sukses Raih Tiga Poin Atas Stoke City

The Reds berhasil menyudahi tren kekalahan mereka. The Reds akhirnya sukses meraih tiga poin usai menang tipis 1-0 atas Stoke City hari Sabtu, (29/11/ 2014), dalam lanjutan Premier League.

Sepanjang pertandingan, kedua tim selalu tampil menyerang dengan mengandalkan kecepatan. Liverpool memiliki Philippe Coutinho dan Raheem Sterling, sedangkan Stoke menurunkan Bojan Krkic dan Mame Biram Diouf.

Namun, skor 0-0 bertahan sampai turun minum. Pertandingan pun memanas saat masuki paruh kedua. Baik Stoke dan Liverpool saling jual beli serangan. Namun, Liverpool yang berhasil mencetak gol lima menit jelang bubaran.

Usaha luar biasa Glen Johnson berbuah gol yang amat dramatis. Umpan Jordan Henderson mampu disundul Rickie Lambert, Johnson dengan berani menyundul bola padahal berpotensi tertendang lawan.

Bola disundulnya dan berhasil melewati garis. Liverpool unggul 1-0 dan kepala Johnson pun setelah itu langsung mengucurkan darah. Skor bertahan sampai peluit panjang.

Pengorbanan Johnson berbuah manis karena tim asuhan Brendan Rodgers itu berhasil raih poin penuh pertama mereka usai empat laga terakhir selalu kandas. Peluang untuk naik ke papan atas pun terbuka.

Liverpool kini mengoleksi 17 poin dari 13 pertandingan, sama dengan Everton dan Tottenham Hotspur yang akan berhadapan hari Minggu malam, 30 November 2014. Dan hanya berjarak tiga poin dari peringkat lima, Arsenal.

Sedangkan buat Stoke, kekalahan ini membuat posisi mereka melorot ke peringkat 12 dengan 15 poin dari 13 kali bermain.

Momentum BBGRM, Bangkitkan Semangat Goro Menuju Masyarakat Mandiri

Momentum pencanangan Bulang Bakti Gotong Royong masyarakat (BBGRM) ke XI sekaligus peringatan Hari Gerak PKK ke 42 tingkat Kabupaten Rokan Hulu di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba, hendaknya dapat membangkit dan menumbuhkan kembali semangat gotong royong sebagai jati diri leluhur daerah ini.

Untuk mewujudkan masyarakat berintegritas dan mandiri dalam pelaksanaan pembangunan, Pernyataan tersebut diungkapkan Bupati Rohul Achmad, Selasa (4/11/2014), usai membuka pencanangan (BBGRM) ke XI sekaligus Peringatan Hari Gerak PKK ke 42 di Desa Pasir Agung.

Pada kesempatan itu, turut dihadiri Forkopimda, Wakil Bupati Rohul, Sekda Rohul, Ketua Tim Penggerak PKK Rohul, Ketua GOW Rohul, Ketua Darmawanita Persatuan Rohul, para Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Camat di lingkungan Pemkab Rohul, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Rohul, para kepala desa se Kecamatan Bangun Purba, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ulama sertempat serta penerima pemenang lomba kegiatan BBGRM di Rohul dan lainnya.

“ Pada prinsipnya, kegiatan ini dapat mengembalikan jati diri bangsa Indonesia yakni gotong royong, sifat goro ini sangat mulia, bekerja bersama-sama, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, saling bahu-membahu dalam kehidupan bersama, konsep itu patut dipelihara dan dijaga. Karena dengan sifat goro akan menjadi kekuatan dasar bagi masyarakat,” ujarnya.

Bupati dua periode itu menyebutkan, mulai hari ini dengan pencanangan program ini apapaun aktifitas masyarakat disini hendaknya dilaksanakan dengan semangat goro. Sehingga momentum acara ini, benar-benar mengembalikan semangat goro, ibarat membangkitkan batang terendam. Karena hikmah ini menjadi kehidupan sosial masyarakat Rohul khususnya di Pasir Agung.

Semangat Goro yang diharapkan dari masyarakat, lanjutnya, menyangkut perbaikan fasiltias umum dan fasilitas sosial, pembersihan pemakaman, rumah ibadah dan sekolah. ” Minimal dalam satu minggu, pilih satu hari, katakan Jumat Bersih. Jadi setiap jumat mereka goro melakukan bersih bersih Sehingga desa-desa di Rohul ini tetap asri, nyaman dan sehat. Tentu dari goro ini akan terbentuknya ikatan emasional masyarakat, persatuan-kesatuan,” katanya.

Kegiatan goro, jelas Achmad akan terbinanya rasa senasib sepenanggungan, rasa persaudaraan dan kekeluargaan dan lebih dari itu memupuk kepedulian masyarakat terhada satu sama dengan lainnya. Sehingga akan menghilangkan sifat induvidu, egois dan lainnya, dinilai dapat merugikan diri sendiri.

” Saya minta tokoh masyarakat, kades atau lurah di Rohul dapat memotori semangat goro di daerahnya. Karena akan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan melalui goro serta upaya pemberdayaan masyarakat, agar mamu dan mandiri dari segala aspek kehidupan menuju keluarga yang sejahtera,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Budhia Kasino menyebutkan, kegiatan BBGRM telah dilaksanakan sejak tahun 2005 hingga saat ini dengan tujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta menghidupkan kembali semangat goro.

Dikatakannya, berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam pencanangan BBGRM dan Hari Gerak PKK dari badan, dinas, kantor di lingkungan Pemkab Rohul serta Tim Penggerak PKK dan GOW Rohul seperti pengobatan gratis, pelayanan KB, perekaman e-KTP. Selain itu, penyerahan bantuan sembako untuk kaum dhuafa, bantuan peralatan sekolah untuk anak miskin, penyerahan buku nikah gratis, bibit tanaman pelindung dan penyerahan piagam penghargaan pemenang lomba.

Saat itu, Bupati Rohul beserta rombongan meninjau pengobatan gratis, pelayanan KB, pelayanan E-KTP yang dipusatkan di SDN 006 Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba.

Presiden Jokowi Lantik Seskab Baru

Presiden Joko Widodo telah melantik Sekretaris Kabinet yang baru, Andi Widjajanto dalam Kabinet Kerja yang disusunnya bersama-sama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Tadi pagi telah dilantik Setkab yang baru,” kata Joko Widodo saat membuka Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi tidak menyebutkan nama tetapi sebelumnya, Andi Widjajanto di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (30/10), mengaku telah dipanggil oleh Presiden Jokowi untuk dapat bersinergi dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Andi mengemukakan, perbedaan antara Mensesneg dan Setkab antara lain Mensesneg melayani Presiden sebagai Kepala Negara dan Setkbab melayani Presiden sebagai Kepala Pemerintahan, agar tidak terjadi dualisme antara kedua lembaga tersebut.

Untuk itu, menurut Presiden Jokowi saat membuka sidang kabinet, dirinya telah meminta Mensesneg untuk bersinergi dengan Setkab.

“Agar kedua lembaga ini lebih baik,” kata Presiden yang pada Senin (3/11) ini juga memiliki agenda menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka.

Selain itu, Presiden juga telah meminta Mensesneg dan Setkab serta dibantu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait dengan perubahan kelembagaan kementerian yang baru termasuk dengan jumlah personil yang akan ditempatkan di kementerian tersebut.

Sebelumnya, Menteri Sekretariat Negara Pratikno memastikan tidak akan ada rekrutmen untuk kementerian yang baru terbentuk sebagai sarana untuk mengikis egosektoral antarkementerian. “Tidak ada rekrutmen karena kami menghindari rekrutmen baru,” kata Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/10).

Menurut Pratikno, kebijakan untuk meniadakan rekrutmen baru agar dapat mengoptimalkan sumber daya di berbagai kementerian lain.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa sebagian kementerian yang baru terbentuk pada era Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo, kebanyakan adalah pemisahan atau penggabungan kementerian yang telah ada sebelumnya.

Dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada dari kementerian lain, ujar dia, maka hal itu dinilai juga dapat membuat kementerian baru tersebut dapat bisa lebih cepat dalam memulai bekerja.

Pratikno mengemukakan, dengan menggeser para staf dari kementerian lain untuk kementerian yang baru terbentuk, hal itu juga dinilai dapat membantu mengikis persoalan egosektoral.

“Dengan meninggalkan ego sektoral maka semua bisa dikerjakan bersama,” kata Pratikno yang merupakan mantan Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu.

Sedangkan terkait dengan anggaran, Mensesneg juga meyakini bahwa Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro tahu bagaimana mengalokasikan guna mengatasi permasalahan tersebut.